AREA V
PENGUATAN PENGAWASAN
Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi Pengadilan Tinggi Agama Bali yang bersih dan bebas KKN.
Target yang ingin dicapai :
- Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan Negara.
- Meningkatnya efektivitas keuangan Negara.
- Mempertahankan predikat WTP dari WBK
- Menurunnya tingkat penyalahagunaan wewenang
Atas dasar hal tersebut maka terdapat beberapa indicator yang dilakukan untuk menerapkan penguatan pengawasan yaitu:
- Pengendalian gratifikasi.
- Pengadilan Tingi Agama Bali telah melakukan publik campaign tentang pengendalian gratifikasi
- Melaksanakan public campaign dilokasi layanan melalui pemasangan spanduk, banner, running text larangan gratifikasi. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: capture banner/spanduk/media public campaign
- Pengadilan Agama Klungkung Kelas II telah mengimplementasikan pengendalian gratifikasi:
- a) Membentuk unit pengendali gratifikasi
- b) Memasang kamera CCTV pada area layanan.
Kegiatan tersebut dilengkapi SK UPG, capture kamera pengawas(CCTV) dan tampilannya.
- Penerapan SPIP.
Pengukuran indikator ini dilakukan dengan mengacu pada kondisi yang seharusnya dilakukan:
- Pengadilan Tinggi Agama Bali telah membangun lingkungan pengendalian meliputi:
- a) Melakukan sosialisasi SPIP serta kode etik
- b) Membentuk tim SPIP
- c) Melaksanakan pengawasan dan monitoring pada layanann
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung dokumen sosialisasi SPIP(undangan notulen daftar hadir foto sosialisasi), SK tim SPIP dokumen pengawasan dan monitoring pada layanan.
- Satuan kerja telah melakukan penilaian resiko atas pelaksanaan kebijakan
- a) Melakukan identifikasi resiko
- b) Melakukan analisis resiko terhadap factor kemungkinan dan factor dampak
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: dokumen matrik identifikasi resiko, dan dokumen analisis resiko.
- Satuan kerja telah melakukan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi.
Membuat laporan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi.
Kegiatan tersebut telah dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi.
- Satuan kerja telah menginformasikan dan megimplementasikan SPIP kepada seluruh pejabat terkait meliputi kegiatan berupa sosialisasi SPIP kepada pegawai melalui apel senin pagi dan apel jumat sore.
Kegiatan dokumen dilengkapi data dukung: dokumen (foto naskah arahan, pembinaan apel) pada saat pelaksanaan apel.
- Pengaduan masyarakat.
- Kebijakan pengaduan masyarakat telah diimplementasikan dengan kegiatan:
- a) Menunjuk petugas pengaduan masyarakat
- b) Menyediakan petugas/ruang/loket/kotak pengaduan.
- c) Menyediakan informasi sarana penyampaian pengaduan
- d) Mengelola pengaduan melalui media web aplikasi SIWAS, SMS gatheway dan meja informasi
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: SK petugas pengaduan masyarakat, capture petugas/ruang/loket/kotak pengaduan, Capture spanduk/banner, Capture sarana pengaduan, melalui media web, aplikasi SIWAS, SMS gatheway dan meja informasi.
- Laporan pengaduan masyarakat yang diterima ditindak lanjuti:
- a) Merespon pengaduan masyarakat
- b) Menindak lanjuti pengaduan masyarakat
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: capture respon pengaduan masyarakat, nota dinas penyampaian pengaduan masyarakat kepda bagian terkait.
- Monitoring evaluasi pengaduan masyarakat:
- a) Melakukan perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring
- b) Menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi kepada bagian terkait.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung : laporan monitoring dan evaluasi pengaduan setiap bulan, nota dinas penyampaian pengaduan masyarakat kepada bagian terkait untuk di tindak lanjuti.
- Evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindak lanjuti
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan dokumen laporan tindak lanjut atas laporan monitoring dan evaluasi laporan pengaduan
- WBS (Whistle Blowing System)
- a) WBS sudah di internalisasi kepada seluruh pegawai melalui apel atau bintek atau sosialisasi
- b) WBS telah diterapkan
- c) Telah dilakukan evaluasi terhadap penerapan WBS
- d) Hasil evaluasi atas penerapan wbs telah ditindak lanjuti
Kegiatan-kegiatan dilengkapi dengan data dukung berupa dokumen internalisasi WBS meliputi undangan, notulen, daftar hadir, foto pembinaan, capture aplikasi WBS, dokumen laporan hasil evaluasi, dokumen laporan tindak lanjut hasil evaluasi.
- Penanganan benturan kepentingan
- a) Telah dilaksanakan identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
- b) Melakukan identifikasi benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
- c) Penanganan benturan kepentingan telah di sosialisasikan
- d) Penanganan bentukran kepentingan telah diimplementasikan dengan cara menerapkan penempatan pegawai pada jabatan tertentu tanpa ada konflik kepentingan dengan tugasnya disertai surat pertanyaan bebas dari benturan kepentingan
- e) Telah dilakukan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan
- f) Telah dilakukan tindak lanjut atas hasil evaluasi terhadap penanganan benturan kepentingan
Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen pemetaan benturan kepentingan, dokumen sosialisasi penanganan benturan kepentingan, surat pernyataan bebas dari benturan kepentingan, laporan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan dan laporan tindak lanjut atas penanganan benturan kepentingan
Adapun eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah sebagai berikut :
NO. | RUANG LINGKUP | DATA DUKUNG | |
1. | Pengendalian Gratifikasi | ||
a. | Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi | LIHAT DOKUMEN | |
b. | Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan | LIHAT DOKUMEN | |
2. | Penerapan SIPP | ||
a. | Telah dibangun lingkungan pengendalian | LIHAT DOKUMEN | |
b. | Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan | LIHAT DOKUMEN | |
c. | Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi | LIHAT DOKUMEN | |
d. | SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait | LIHAT DOKUMEN | |
3. | Pengaduan Masyarakat | ||
a. | Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan | LIHAT DOKUMEN | |
b. | Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | LIHAT DOKUMEN | |
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat | LIHAT DOKUMEN | |
d. | Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | LIHAT DOKUMEN | |
4. | Whistle-Blowing System | ||
a. | Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? | LIHAT DOKUMEN | |
b. | Whistle Blowing System telah diterapkan | LIHAT DOKUMEN | |
c. | Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System | LIHAT DOKUMEN | |
d. | Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti | LIHAT DOKUMEN | |
5. | Penanganan Benturan Kepentingan | ||
a. | Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama | LIHAT DOKUMEN | |
b. | Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi | LIHAT DOKUMEN | |
c. | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | LIHAT DOKUMEN | |
d. | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | LIHAT DOKUMEN | |
e. | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | LIHAT DOKUMEN | |
"S I G A P"
"Sinergis Informatif Gesit Akuntabel Profesional"